Sabtu, 05 Desember 2020

BERGEMBIRA DITENGAH PANDEMI


Tahun 2020 adalah tahun yang istimewa, sehingga kita harus bergembira.
Setujukah anda apabila ada seseorang yang berkata demikian didepan anda?
Mayoritas pasti akan menyatakan tidak setuju, hal ini disebabkan diantaranya oleh kekhawatiran akan wabah, resesi ekonomi, pembatasan interaksi dan kegiatan sosial serta larangan sekolah tatap muka di masa Pandemi Covid-19.
Buat orang tua yang mempunyai anak usia sekolah, pembatasan sekolah tatap muka tentu akan menjadi suatu tantangan yang harus dihadapi. Tidak sedikit informasi yang kita terima yang memperlihatkan keluhan orang tua akibat kegiatan belajar di rumah.
Lalu mengapa harus bergembira?
Alasan pertama tentu saja dikarenakan “kita adalah pelaku sejarah”. Tanpa kita sadari saat ini adalah pelaku sejarah saat negara kita terkena pandemi. Tercatat ini adalah pandemi pertama setelah 75 tahun Indonesia merdeka. Dan karena pandemi ini belum usai tentu saja hasil akhir belum diketahui, tetapi yang bisa kita bantu untuk negara adalah menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19. Sehingga sebagai pelaku sejarah kita dapat menceritakan peran kita dalam masa pandemi terhadap keturunan kita.
Alasan Kedua adalah “Waktu yang lebih banyak dengan anak”. Tidak bisa dipungkiri pembatasan pertemuan tatap muka disekolah menyebabkan waktu lebih banyak dengan anak dirumah. Biasanya semakin tinggi tingkatan sekolah maka anak akan semakin sibuk dengan kegiatan sekolah, sehingga komunikasi yang berkualitas dengan orang tua semakin berkurang.
Kegiatan belajar di rumah merupakan salah satu bentuk adaptasi kebiasaan baru dimasa Pandemi Covid-19 di bidang pendidikan. Perlu inovasi dan kerjasama yang apik dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran dirumah antara orang tua dan dan juga sekolah untuk memperoleh hasil terbaik untuk ananda. Sehingga tercipta suasana pembelajaran yang menarik dan menggembirakan baik buat anak, orang tua dan guru fasilitator disekolah.
Anak kami Bilal, Saat ini Kelas satu di SD Alam Al Karim Lampung. Pandemi Covid 19 menyebabkan ananda belum pernah duduk di kelas, bermain dengan teman sekelasnya dan juga bertatap muka dengan guru fasilitator di sekolah.
Ananda bilal mengikuti program Belajar Di Rumah (BDR). Setiap minggunya ananda akan memperoleh materi pembelajaran yang kemudian akan dibimbing oleh guru fasilitator secara daring. Program pembelajaran dibuat sedemikian rupa sehingga ananda dapat mengikuti dengan baik. Dalam periode tertentu akan diberikan tantangan kepada siswa sehingga akan memicu kreativitasnya. Selain itu, walaupun melaksanakan belajar di rumah, diprogramkan kegiatan “green theurapi” yaitu melaksanakan kegiatan diluar rumah dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan Covid-19.
Terima kasih untuk Abi dan Umi guru fasilitator SD Alam Alkarim yang telah menyiapkan dan membimbing ananda selama masa Pandemi-Covid19
Lalu adakah alasan lain untuk bergembira dimasa Pandemi Covid19?
Alasan Ketiga dan yang paling penting adalah dengan bergembira maka hormon tubuh seperti seronin, dopamin, relaksin , oksitosin dan endorfin akan mengalir deras ditubuh memberikan sinyal tubuh untuk memproduksi sel kekebalan tubuh. Sel yang secara alami akan melawan semua penyakit yang masuk kedalam tubuh.
Jadi mulailah bergembira dan bahagia dimasa pandemi ini.
Bergembira belajar bersama ananda di rumah.
Salam Sehat

(Disampaikan dalam Lomba Literasi Sekolah Alam Al Karim Lampung)
Bermain Saat Pandemi Covid 19
Bermain Ditengah Pandemi Covid 19


Tidak ada komentar:

Posting Komentar