Jumat, 18 Februari 2022

Isolasi Mandiri Juga (akhirnya)

Paket Obat obatan Isolasi Mandiri

Jarum Panjang Jam dinding baru saja meninggalkan angka 12 pada pukul 01 dini hari ketika sebuah  pesan Whatsapp Mesangger  masuk pada gadget yang saya letakkan di atas lemari.. Kebetulan saja malam ini sedang menunggu hasil uji Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dilaksanakan sore ini untuk keperluan perjalanan dinas esok pagi ke luar kota.

Terbersit dalam hati sedikit kekhawatiran, tadi malam sebelum tidur tiba tenggorokan terasa sakit, padahal pagi sampai pelaksanaan swab tadi tidak apa apa. Sehingga ketika hasil positif dengan CT 25  tertera pada hasil yang dikirimkan oleh laboratorium , tidak menimbulkan rasa kaget didalam hati.

Seketika rasa kantuk hilang, bersamaan dengan itu  WA Messangger dari kemenkes juga masuk yang memberi tahu tentang pemberitahuan sebagai pasien positif Covid-19 dan Panduan untuk pemakaian fasilitas Isoman Gratis berupa konsultasi dan pengobatan dari kemenkes RI.

Melalui salah satu aplikasi telemedicine yang ada digadget saya langsung berkonsultasi dengan dokter dengan memakai voucher gratis yang disesuaikan oleh kemenkes. Selanjutnya saya coba menggunakan resep digital yang diperoleh pada  saat konsultasi secara digital pada link yang dishare untuk kemenkes RI untuk penebusan resep. Sayangnya pada saat saya coba penebusan resep ini hanya bisa dilakukan pada kota kota di pulau jawa.

Akhirnya mencoba menebus resep pada aplikasi tempat melaksanakan konsultasi telemedicine, ternyata harganya sangat mahal dan juga barangnya tidak ada, setelah melakukan pemesanan terdapat pembatalan paket isoman yang sudah saya pesan. 

Paket isoman yang ditunggu datang, yang diperoleh dari adik saya yang bertugas disebuah daerah di luar kota. Didaerahnya konon kalau ada yang postif, puskesmas akan secara aktif untuk melakukan tracing dan memberikan obat obatan untuk isolasi mandiri. Didaerah saya , mungkin karena terlalu banyak sehingga hal ini tidak saya rasakan ketika menjalani isoman ini.

Paket isoman dalam kotak berwana hijau datang dengan diantar pengemudi ojek online. Saya memporeh paket Isoman II yang ditujukan untuk Pasien dengan PCR (+), keluhan panas dan atau hilang penciuman (Anosmia). Paket ini berisi:

Zinc Sulfate Heptahydrate 20 mg (2X1)

Paracetamol 500 Mg (3X1)

Vitamin C 250 Mg (1X4)

Oseltamivir 75 Mg (2X1)

Vitamin D3 1000 IU (1X1)

Mudah mudahan paket ini makin banyak tersedia dan semakin mudah diakses perolehannya untuk mempermudah pelaksanaan ISOMAN. 

Mudah2an isoman dapat berjalan lancar, dan selesai tepat waktunya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar